Tentang Perbedaan Pekerjaan dan Karier (bagian 1)



Suatu hari, saya mendapatkan kesempatan untuk mengobrol dengan Bona Sardo. Bila kamu asing dengan namanya, dia adalah peserta Indonesian Idol angkatan pertama, seangkatan dengan Delon dan Joy Tobing. 

Aslinya, Bona punya latar akademis sebagai psikolog. Dia menjadi dosen psikologi dan membuka praktik di beberapa tempat. Bona adalah orang asyik diajak diskusi, salah satunya soal karier.

Bona (kanan) dan Remah-remah cimol

Bona menyarankan saya buat baca buku RenĂ© Suhardono. Judulnya adalah Your Job is Not Your Career. Buku ini pada awalnya adalah bentuk kegelisahan RenĂ©, uneg-uneg dia, yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Sebagaimana tulisan-tulisan yang berawal dari kegelisahan, his writing is awesome. Dia melalui bukunya telah memberikan saya pemahaman tentang sesuatu yang oleh kebanyakan fresh graduate (dan mungkin kebanyakan angkatan kerja di Indonesia) kurang dipahami, yaitu perbedaan antara pekerjaan dan karier.

Pekerjaan? Karier? Apa bedanya?
Dari sekian banyak orang yang curhat ke saya (terutama rekan kerja, hehehe), kebanyakan belum punya definisi maupun perumpaan yang jelas perihal perbedaan antara pekerjaan dan karier. Menurut mereka, pekerjaan dan karier ya sama aja.

Padahal, baik pekerjaan maupun karier adalah dua hal yang berbeda. Pekerjaan adalah 
  • alat/instrumen perusahaan untuk mencapai tujuan organisasinya,
  • sarana untuk memenuhi kebutuhan hidup atau menghasilkan karya bagi seseorang (makanya orang yang berkarya di sebuah organisasi kerja disebut karyawan), atau
  • segala yang kamu lihat dan kerjakan di kantor. 
Sementara itu, karier adalah
  • garis yang ditarik dari pekerjaan-pekerjaan yang kamu lakukan,
  • gambaran besar dari keseluruhan aktivitas kamu (di usia produktif) sebelum mati, atau
  • sesuatu yang (mungkin) baru terlihat ketika seseorang telah pensiun.
Bila rekan ngobrol saya sudah terlanjur pusing, biasanya saya akan menyederhanakannya menjadi seperti ini; jika karier adalah perjalanan, pekerjaan adalah kendaraannya. 

Mudah-mudahan membantu. :)


(Catatan: Baca tulisan selanjutnya di sini)



Comments

Popular Posts